Kamis, 21 Juni 2012

Sarapan Pagi dan Elemen Utama Game

Semua menu sederhana yang menjadi sarapan kami adalah kombinasi terbaik bagi segelas kopi hangat yang akan selalu hadir di menu pagi.

Ketika kita mendesain sebuah game, game play/game mechanics menjadi sebuah elemen yang penting yang harus selalu ada. Game play adalah aturan detil yang mengatur bagaimana seorang pemain memainkan sebuah permainan, berinteraksi dengan pemain lain, dan mencapai kemenangan atau mengakhiri sebuah permainan.

Elemen penting lainnya adalah tema (konten) serta ilustrasi dari game itu sendiri. Ketika ketiga hal tersebut bisa dihadirkan secara optimal, sebuah game pasti menjadi luar biasa.

Yang dimaksud optimal bukan berarti bahwa game play harus punya banyak variasi strategi, kontennya harus lengkap/detil, dan ilustrasinya harus benilai seni tinggi. Optimal berarti bahwa semuanya merupakan sebuah kombinasi yang pas, saling melengkapi, dan saling memperkuat.

Board game modern adalah sebuah contoh nyata betapa ketiga hal tersebut bisa dihadirkan secara optimal. Ambil contoh Villa Paletti, dengan gameplay, konten, dan ilustrasi yang sederhana Villa Paletti mampu terpilih menjadi salah satu board game of the year.

Kadang kita lupa bahwa yang terbaik bukan selalu kombinasi dari berbagai hal sulit. Yang terbaik, kadang hanya merupakan kombinasi berbagai hal sederhana yang dipadu dengan tepat sehingga menjadi sesuatu yang luar biasa.

Mungkin itu berlaku juga bagi setiap hari kita, kadang kita hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana untuk menjadikan sebuah hari, hari terbaik bagi kita. Semoga menu pagi tadi jadi awal semua yang terbaik di hari ini.


*) Penulis, Eko Nugroho merupakan Game Designer yang juga inisiator Indonesia Bermain (http://indonesiabermain.com), Co-Founder Kummara Creative Studio (http://kummara.com). Penulis bisa dikontak di Twitter @enugroho


sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar